Permainan Tradisional Yang Terlupakan

Mungkin masih teringat dalam pikiran kita beberapa permainan yang dilakukan ketika masa kecil. Misalnya congklak, gatrik, galah, dan masih banyak lagi jenis permainan lainnya. Namun keberadaan permainan tersebut saat ini semakin terlupakan seiring banyaknya permainan modern.

Di desa mungkin kita masih menemukan permainan tersebut, tetapi di kota-kota besar seperti Bandung, hal tersebut mulai jarang terlihat. Harus diakui seiring dengan kemajuan teknologi, anak-anak yang tinggal di kota-kota besar semakin asing dengan permainan tradisional. Sering kita jumpai di pinggiran jalan raya banyaknya warung internet (Warnet) game online ataupun di gang-gang rental playstation (Ps).

Anak-anak cenderung lebih memilih permainan yang modern dengan alasan lebih bagus dan lebih ramai. Angga (12) merupakan salah satu dari sekian anak-anak warga Kel. Cibangkong Kec. Batununggal Bandung yang menggemari ps. “Setiap hari saya main ps karena asik dan juga permainannya bagus-bagus.”tuturnya sambil asik bermain.

Padahal, permainan tradisional dapat menjadi identitas warisan budaya di tengah keterpurukan kondisi bangsa ini. Selain juga bermanfaat untuk melatih fisik anak untuk lebih kuat, serta juga dapat mengasah kemampuan bersosialisasi, bekerja sama dan menaati aturan.

Dimulai dari orang tua

Sebenarnya tidak sulit memperkenalkan permainan tradisional kepada anak-anak. Kuncinya harus ada peran aktif dari orang tua, sehinga anak-anak bersedia dan suka memainkannya. Mungkin bisa dengan cara mengajak anak dan teman-temannya melakukan salah satu permainan, dan memberikan contoh cara memainkannya.

“mungkin kita bisa menerangkan atau mempraktekan kepada mereka bahwa permainan tradisional tidak kalah seru dengan permainan yang menggunakan mesin. Atau mungkin di awali dengan sedikit cerita kita waktu kecil.”ungkap Tarsun (56).

Selain juga mengenal dan mengajarkan kepada anak-anak, orang tua juga bisa memberikan pengetahuan kepada anak bahwa di Indonesia sangat banyak dan beragam jenis permainan tadisional.

roni.vikers@gmail.com

RSC FM, Cibangkong Melaporkan

Satu Tanggapan

  1. katanya sekarang da exsibisi permainan tradisional se asia di bandung ,,katan,,?di mana ya

    mohon kasi tau ya!!makasi!!

    ayo selamatkan kesenian+permainan tradisional qita!!

    merdeka!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: