Apa makna dari sebuah Kemerdekaan ???

Merdeka merupakan Sebuah kata yang dapat membangkitkan semangat juang para pahlawan bangsa Indonesia tempo dulu. Sebuah kata yang sangat dinantikan ketika bangsa Indonesia masih dalam masa perjuangan membebaskan diri dari penjajahan. 17 Agustus 1945 menjadi puncak dari kata pengucapan kata ini. Satu makna dengan seribu arti. 63 tahun sudah bangsa Indonesia dengan bangganya mengucapkan kata ini. Pada bulan Agustus ini kata tersebut terasa kurang berkesan dan bahkan cenderung dilupakan dan yang lebih disayangkan lagi diabaikan.


Namun sekarang yang menjadi sebuah pertanyaan di kalangan bangsa Indonesia, Benarkah kemerdekaan itu telah kita capai. Berapa besar Hutang luar negeri yang kita punya? Berapa jumlah penduduk miskin yang ada? Berapa kebijakan dari pemerintah yang “disetir” oleh bangsa Asing? Berapa banyak Rakyat Indonesia yang menjadi “kuli” di negerinya sendiri ?

Apakah dapat dilihat dari posisi Indonesia sebagai nominator “bangsa terkorup di dunia”? Apakah dapat dibuktikan dengan masuknya Bangsa Indonesia kedalam daftar negara terkenal dengan “Pornografinya”? Apakah dapat ditunjukkan dengan angka Kriminalitas yang semakin tinggi?

Apakah cukup dengan menyelenggarakan upacara bendera, memasang bendera dan asesoris pendukung. Atau dengan mengadakan acara malam tirakatan sampai pagi ? atau … mengadakan perlombaan maupun acara yang terkesan “hura-hura”, , apalagi kalau dilihat dari konten acaranya kurang memberikan “makna ” akan sebuah arti kemerdekaan.

Saatnya kini kita renungi makna dari sebuah kemerdekaan, Sudahkan kita menjadi bagian dari sebuah perjuangan menuju kemerdekaan yang sejati. Sudahkah kita berusaha untuk mencapai kemerdekaan yang abadi. Perjuangan tidak berhenti samapai disini, karena masih banyak hak-hak yang perlu kita perjuangkan sebagai Bangsa Indonesia.

Tidak ada kata finish dari sebuah perjuangan, perjuangan tidak bisa diwujudkan dengan sebuah “peringatan 17 Agustus” melainkan dengan sebuah tindakan nyata. Istilahnya Aa Gym, gunakanlah 3 M : Mulai dari diri sendiri, Mulai dari yang kecil dan mulai saat ini untuk meneruskan sebuah perjuangan.

Roni.

16 Agustus 2008

Satu Tanggapan

  1. itu semua berawal dari kesadaran diri,sadarkah para pengemban kepercayaan rakyat mungkin lebih dari itu…Kemerdekaan belum sepunuhnya kita capai..jangan merasa puas dengan apa yang sudah kita capai..terus berjuang..dan belajar.Indonesia di hadapkan oleh neokolonialisme…kita harus waspada

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: