Kebun Strawberry Purbalingga

(Agrowisata berbasis masyarakat di Tlagareja, Purbalingga)

PURBALINGGA, RADIO KOMUNITAS SHAKTI (08/07/2008). Begitu turun dari kendaraan, hawa yang sejuk sangat terasa menyelimuti kawasan di kaki gunung Slamet, tepatnya di Pratin, Serang, Kecamatan Tlareja, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah. Segaarr sekali…!

Perjalanan menuju kawasan ini juga sangat menyenangkan, karena pemandangan khas pegunungan Slamet yang asri. Berjarak kurang lebih 25 KM arah utara kota Purbalingga yang juga terkenal dengan daerah wisata Owabong-Water Boom (tempat rekreasi air). Perjalanan ke Serang,

Karangreja bisa menempuh jalur dari Purbalingga melewati kecamatan Mrebet menuju Serang/Kutabawa Kecamatan Tlagareja. Bisa juga melalui Gua lawa naik menuju ke Serang. Kawasan perkebunan straberry yang tidak terlalu luas itu dikelola oleh Gabungan Kelompok Tani Serang Sukses Makmur, Kecamatan Tlagareja. Dengan melibatkan remaja dan generasi muda setempat sebagai pengelola wisata agro ‘ala rakyat’ tersebut.

“Perkebunan straberry ini dikelola oleh masyarakat sejak tahun 2005, dan dibuka untuk umum menjadi daerah wisata baru 3 tahunan.” Ujar Ibu Kuswandari (42) yang berprofesi sebagai penjual warung makanan di lokasi kebun straberry sejak dibuka sebagai lokasi agrowisata.

Dengan biaya tiket masuk ke perkebunan sebesar Rp 7.500, pengunjung bisa berjalan-jalan ditengah kebun sambil memetik buah strawberry. Namun syaratnya tidak boleh dibawa pulang, jadi buah strawberry harus dinikmati ditempat!. Bagi pengunjung yang doyan buah strawberry, tentu sangat menyenangkan karena bisa makan buah strawbery sepuasnya.

Bagi pengunjung yang sekedar mau mencicipi, juga menyenangkan karena serasa sedang memerik buah strawberry di kebun sendiri.

Selain menikmati fantasi ‘panen strawberry’, pengunjung juga bisa menikmati sejuknya hawa perkebunan dengan menunggang kuda yang disewakan penduduk. Sayang baru ada 3 (tiga) ekor kuda yang tersedia, sehingga pengunjung harus antre bergantian naik kuda. Dengan biaya sewa kuda Rp 10.000, kita dapat menunggang kuda sendiri atau dikawal pemilik kuda, berjalan-jalan bak menir Belanda pada jaman penjajahan dulu.

Menurut Asih (24), seorang ibu rumah tangga yang berkunjung bersama keluarganya mengataan, “Wisata seperti ini menjadi alternatif bagi keluarga yang hendak menikmati liburan dengan cara yang berbeda dan murah” ujarnya pada relawan reporter radio komunitas Shakti FM Merden-Banjarnegara.

Ia menambahkan, berkunjung ke kebun strawberry di Karangreja-Purbalingga selain bisa menikmati suasana perkebunan yang sejuk dan membeli oleh-oleh buah strawberry dengan harga murah, juga menikmati suasana kekeluargaan yang ramah. Mungkin karena konsep wisata ini direncanakan dan dikelola sendiri oleh warga setempat.

Secara terpisah, Ibu Kuswandari mengatakan bahwa kehadiran kebon strawberry sebagai agrowisata sangat membantu penduduk setempat.

“Warga sangat senang dengan kehadiran kebun strarberry karena membantu peningakatan ekonomi warga. Yang tadinya kami kesulitan menjual hasil panen buah strawberry, sekarang lebih baik, walau juga belum terlalu maksimal. Tapi ya, lumayanlah..” ujarnya menambahkan.

Agrowisata yang dikelola warga setempat tersebut sangat menarik. Dipinggiran kebun tersedia warung lesehan yang diperuntukkan bagi pengunjung beristirahat sambil meminum kopi hangat ditemani tempe mendoan khas Purbalingga. Pemuda setempatlah yang mengelola kafe/warung tersebut. Selain juga ada beberapa warung sederhana di tepi lokasi parkir yang khusus dibuat secara swadaya, sayangnya lokasi parkir hanya ditimbun pasir dan batu tanpa diaspal, sehingga becek ketika musum hujan.

Warga setempat mengharapkan pemerintah bisa segera segera membantu penyediaan infrastruktur agrowisata di Serang-Tlagareja. Tentu tanpa merusak tatanan konsep wisata yang telah terbangun oleh warga setempat. Semoga… (EPA/BHM)

2 Tanggapan

  1. alhamdulillah…. liburan lebaran 1430H kemaren bisa jalan2 dan metik strawberry sendiri… sayangnya tidak semua kebun sedang berbuah…
    tapi untuk suasana dan view sangat sejuk serta damai…
    bravo purbalingga…

  2. mggu.04/06/2011
    saya akan berkunjung.
    bay anang dwi santoso-purwokerto

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: