Orang Miskin Gak Boleh Sekolah ????

Kata Siapa,
Ditengah krisis ekonomi yang berkepanjangan dan ditambah dengan kenaikan BBM, komplit sudah penderitaan orang miskin.
Disamping harus memikirkan kebutuhan hidup sehari-hari, mereka juga harus memikirkan pendidikan untuk sang buah hati.
Masing-masing orang tua tentu berharap agar anaknya menjadi sukses, sedang jalan menuju kesuksesan adalah pintar.
Mengikuti harga BBM, harga pendidikanpun ikut naik, untuk bisa masuk disekolah negeri harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.
Untuk masuk di SMP Negeri orang tua harus menyiapkan sedikitnya 1 – 1,5 juta, sedang untuk SLTA 2-3juta belum lagi ditambah biaya bulanan antara 75-100 ribu.
Menyikapi fenomena tersebut, Dr. Aby Haris berinisiatif membuat Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat atau PKBM Mahardhika di Desa Rowosari Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang.
Berawal dari rasa keprihatinan terhadap anak putus sekolah, dan kaum Dhuafa, Aby Haris bersama rekan-rekannya membentuk Kelompok Pendidikan Kesetaraan.

Setelah melewati perjalanan yang cukup melelahkan, akhirnya perjuangan Aby Haris dan teman-teman membuahkan hasil. Sekarang sudah banyak warga belajar (sebutan untuk siswa Kesetaraan) yang menuntut ilmu disana.
PKBM sudah beberapa kali bekerja sama dengan dinas terkait untuk mengadakan pelatihan life sklill, seperti menjahit, membuat mote, membuat kue tart dan makanan non beras lainnya bekerja sama dengan Bogasari Jakarta.
Dengan Visi “Belajar sambil bekerja tahun depan jadi orang sukses”, sekarang PKBM Mahardhika sudah memiliki 170 warga belajar program kesetaraan yang berasal dari daerah sekitar kecamatan Ulujami.

Jadi kata siapa orang miskin gak Boleh Sekolah??
Semoga akan muncul Aby Haris-Abi Haris yang lain di Indonesia, yang selalu mengabdi tanpa pamrih Siapa mau ikut jejak Aby Haris….???

Oh ya, barangkali pembaca ada yang punya dana lebih, atau ingin menjalin kerjasama dengan kami, kami butuh bantuan dana untuk pengembangan Pendidikan kewirausahaan dan Taman Bacaan Masyarakat. (dhea_kaliwuluh@yahoo.co.id – JRK simpul Pekalongan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: