Budi Daya Jamur Suatu Potensi yang Menjanjikan

Pengembangan potensi komunitas yang di tujukan untuk kemajuan dan pemberdayaan masyarakat sehingga akan tercipta peluang-peluang kerja karena kreatifitas masyarakat yang meningkat, hal ini adalah salah satunya tujuan dari pelatihan budi daya jamur yang di selenggarakan oleh Comunity Davelopment PASS FM yang bekerjasa sama dengan Kharismatik Al-Muhajirin, Alkam Indonesia Mushroom Center dan Masyarakat Agri Jamur Indonesia.
“Pelatihan kita ini berbasis komunitas, cara langsung menyentuh pada dampak perekonomian atau pelaku ekonomi tingkat paling kecil di masyarakat. Diharapkan dengan pelatihan ini akan berkembang motivasi masyarakat untuk berusaha berkaitan dengan Budi Daya Jamur” jelas Ir. Ns Adiyuwono Ketua pelaksana pelatihan.
Dipilihnya Jamur sebagi salah satu topik pelatihan untuk pengembangan perekonomian masyarakat ada beberapa alasan, diantaranya yang pertama ketersediaannya bahan baku yang cukup banyak seperti serbuk gergaji ataupun jerami sebagi media utama untuk Budi Daya Jamur, kedua Jamur bisa di budi dayakan pada skala kecil sampai dengan skala besar, cara bisa di selenggarakan secara individual maupun secara berkelompok, ke tiga karena aspek ketersediaan pasar yang cukup luas dan dekat sehingga masyarakat akan lebih mudah dalam pemasaran produknya. Ke empat tersedianya tekhnologi terutama adanya kerjasama dengan Alkam Indonesia Mushroom Center yang mempunyai fasilitas labotarium pengembangan jamur dengan peralatan yang cukup lengkap serta adanya kerjasama dengan Masarakat Agri Jamur Indonesia dan praktrisi lainnya.
Dilihat dari perkembangan dewasa ini, jamur sudah menjadi konsumsi masyarakat kita dengan tanpa keraguan akan paradigma atau pola pikir jamur beracun. Dengan biaya investasi yang relatif terjangkau pada skala rumah tangga, serta pengerjaannya bisa sambilan yang di dukung dengan potensi pasar yang cukup besar, harga yang stabil memuat budi daya jamur adalah suatu potensi yang bisa menjanjikan bagi peningkatan dan percepatan perekonomian masyarakat.
“Dalam Budi Daya Jamur yang paling di utamakan adalah ketelitian, kebersihan dan keuletan, itu sudah dipastikan hasilnya akan sangat mengembirakan. Misalnya dalam membuat media sampai pembibitan kita harus cermat, cepat dan tepat serta besih agar steril terbebas dari kontaminasi yang dapat merugikan, dalam pertumbuhan kita harus tekun dan teliti dan konsisten agar menghasilkan yang terbaik” jelas Pakde Marsono salah satu instrutur pada praktek pelatihan budi daya jamur
Peserta yang mengikuti pelatihan Budi Daya Jamus terdiri dari remaja masjid, pemuda karang taruna, tukang ojeg, masyarakat sekitar serta berbagai element masyarakat. (pri_passfm@yahoo.co.id – Pass fm, editor -roni.vikers@gmail.com)

Satu Tanggapan

  1. kira2 kl daerah jogja ada tempat pelatihan untuk budidaya jamur tidak, trus kl ad didaerah mana?saya sangat tertarik sekali

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: