Apa saja peran radio komunitas?

Radio komunitas didirikan terutama bukan untuk kepentingan pengelola, melainkan untuk melayani kepentingan anggotanya. Karena itu radio komunitas mestinya memainkan peran yang memang dibutuhkan oleh warga komunitas, diantaranya:

  • Melayani kebutuhan informasi warga komunitas

Informasi adalah kekuatan. Mereka yang mampu mengelola informasi dengan baik maka akan lebih gampang mengambil keputusan dengan benar. Radio komunitas mesti bisa melayani kebutuhan tersebut; menyediakan informasi yang tepat, kepada orang yang tepat, di saat yang tepat.

  • Menempatkan warga komunitas sebagai pelaku utama.

Para pengisi acara siaran, mulai dari penyiar, narasumber, penyanyi, dan sebagainya sebisa mungkin berasal dari warga komunitas setempat. Dengan demikian isi siaran akan mencerminkan dan mendukung jatidiri lokal. Peran ini sekaligus berfungsi untuk melahirkan tokoh-tokoh baru dari komunitas.

  • Mendorong partisipasi warga komunitas.

Ujud partisipasi warga bersifat menyeluruh, mulai dari merencanakan, mengelola dan mengevaluasi kegiatan radio komunitas.

  • Menjembatani komunikasi dua arah (interaktif)

Dalam suatu komunitas kerap terjadi muncul persoalan yang diakibatkan karena kesalahpahaman antar pihak. Sebaliknya, banyak persoalan komunitas yang seolah-olah sulit ditangani padahal sebenarnya mudah kalau saja terjalin kerjasama antar pihak dalam komunitas tersebut. Disinilah salah satu peran radio komunitas, menjembatani komunikasi antar pihak untuk menciptkakan suasana salling memahami sehingga kerjasama bisa berjalan.

  • Berpihak kepada kelompok lemah

Umumnya dalam sebuah komunitas, hanya sedikit orang yang punya kesempatan bicara dan didengar suara atau gagasannnya. Kebanyakan adalah mereka yang hanya menjadi pendengar. Radio komunitas mestinya mampu berperan untuk memberi suara kepada mereka yang tak mampu bersuara.

2 Tanggapan

  1. berkaitan dengan pemilu, banyak Radio komunitas di ingatkan agar tidak menjadi corong partai atau calon tertentu,.. pertanyaanya adalah bagaimana bisa calon atau tersebut memang punya kedekatan dengan radio komunitas atau setidaknya mau membela Radio komunitas atau warga masyarakat miskin? bukannya kelompok warga ini juga yang dibela oleh Rakom, apa salah bila rakom mendukung secara terang-terangan calon atau partai tersebut?
    apakah ada sanksi hukum akan ini? atau hanya etika atau sanksi sosial saja?
    kira-kira bagaimana pendapatnya? atau ada tidak referensi atau setidaknya landasan hukum untuk ini?

  2. menurut sy boleh warga berpihak pada salah satu kandidat, tapi bukan rakomnya. Rakom adalah media yang diusahakan se-netral mungkin. seandainya pengelola dan semua yang beraktifitas di rakom merasa salah satu kandidat adalah memihak dan memperjuangkan mereka (masyarakat di mana rakom berada) sangat wajar bila didukung. Disini rakom memediasi agar aspirasi warga untuk mendukung terlihat, tapi bukan ‘rakom’ yang semata-mata mendukung. weleh njlimet….
    ya gitulah…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: